Minggu, 15 Maret 2015

bahaya apel granny smith

Bakteri tersebut bernama Listeria monocytogene yang ditemukan oleh Food and Drug Administration (FDA) di dalam apel yang diproduksi pabrik Bidart Bros di Bakersfield, California.

"Bakteri yang sama juga ditemukan di apel-apel Bidart Bros yang sudah ditarik," kata FDA dalam keterangan tertulis yang dikutip Reuters, Senin (26/1/2015).

Bakteri ini mulai menyebat di AS sejak Oktober tahun lalu. Dalam dua bulan ada 32 orang jatuh sakit gara-gara memakan apel ini dan 7 orang meninggal di 11 negara bagian.

Bidart Bros sudah menyatakan penarikan atas produk apel jenis Granny Smith dan Gala yang sudah terlanjut beredar di pasaran. Pengiriman terakhir apel-apel ini dilakukan pada 2 Desember 2014.

Kementerian Pertanian AS alias USDA telah memberikan peringatan dini kepada pemerintah Indonesia soal penarikan produk apel ini.

Menteri Perdagangan RI Rachmat Gobel merespons dengan menghentikan izin impor. "Mulai hari ini sudah kita hentikan impor Apel yang asal Amerika itu," kata Gobel usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Perizinan Satu Pintu (PTSP) di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar